MENU

Sabtu, 27 Oktober 2012

atasi radang tenggorokan

with 0 komentar
Keadaan cuaca yang nggak menentu, ditambah dengan angin yang bertiup kencang pastinya membuat kita rentan terkena penyakit, seperti radang tenggorokan. Biasanya, radang tenggorokan ditandai dengan rasa sakit saat menelan dan panas di tenggorokan. Untungnya, ada cara alami yang bisa kita lakukan, untuk meredakan radang tenggorokan. Yaitu dengan:

Berkumur dengan air garam
Saat mengalami radang tenggorokan, cobalah berkumur dengan secangkir air hangat yang telah dicampur dengan satu sendok teh garam. Khasiat larutan ini mampu menarik air keluar dari membran sel, sehingga mengurangi bengkak/ peradangan di tenggorokan.

Minum teh hijau
Menurut data, 80 persen penyakit radang tenggorokan disebabkan oleh virus. Untuk mengatasinya, coba deh rajin mengonsumsi teh hijau. Pasalnya, menurut hasil riset, ekstrak teh hijau dapat mengeluarkan hormon interferon, yang berfungsi melawan virus penyebab sakit tenggorokan.

Minum madu
Selain disebabkan oleh virus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh bakteri Streptokokus. Nah untuk mengatasinya, coba campurkan dua sendok teh madu dengan secangkir air hangat. Larutan madu ini ampuh menghambat pertumbuhan bakteri, lho.

Istirahat yang cukup
Saat kita istirahat atau tidur, terjadi proses perbaikan sel-sel dalam tubuh. Nah saat terserang radang tenggorokan, sebaiknya jangan terlalu capek dan cobalah luangkan waktu untuk tidur. Tidur yang cukup akan memperbaharui kondisi tubuh dan mempercepat proses penyembuhan

Wortel Rebus
Wortel dapat menyembuhkan sakit tenggorokan Anda dengan kandungan gizi yang di dalamnya, tetapi mereka harus dikukus atau direbus terlebih dahulu. Wortel mentah hanya akan memperparah sakit tenggorokan karena teksturnya yang tidak lembut. Selain itu, wortel juga penuh nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium.

Oatmeal
Oatmel yang kayak akan serat akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Makanan yang menjadi andalan bagi orang-orang dalam program diet ini memiliki kandungan protein yang berguna untuk memulihkan tubuh. Tambahkan pisang atau madu dalam semangkuk oatmeal, dan Anda akan merakasakan khasiatnya.

Sage
Sage atau tumbuhan Salivia officinalis ini telah digunakan sebagai bahan ramuan obat sakit tenggorokan sejak jaman dulu. Sage yang kaya akan kandungan oksigen, flavonoid dan asam fenolik ini dapat ditambahkan dalam secangkir teh hangat.

Pasta Gandum
Pasta yang berbahan dasar gandum penuh dengan gizi, serat, zat besi, dan vitamin B1, B2, B3 dan E ini dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. Rebus sampai benar-benar matang pasta gandum Anda, kemudian tambahkan saus rendah lemak untuk menambah selera makan.

Pisang
Teksturnya yang lembut membuat pisang sangat mudah ditelan, termasuk bagi orang yang sedang radang tenggorokan. Kandungan vitamin B6, kalium dan vitamin C yang terdapat di dalamnya akan membantu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.Telur
Protein yang terkandung di dalam telur akan membantu menangani peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Masaklah menjadi telur dadar, dan ingat untuk tidak menambahkan bumbu apapun ke dalamnya. Namun, sebaiknya Anda hanya menggunakan putih telurnya saja.

0 komentar:

Posting Komentar